Minggu, 09 Januari 2011

KASUS 5 - THE PET STORE AG

THE PET STORE AG

Anda telah bekerja didivisi jasa informasi dari perusahaan induk Pet Store di Cedar Rapid selama 10 tahun.dan sedang menanjak menjadi direktur pengembangan sistem .Bulan lalu Anda dipilih untuk menjadi CIO dari anak perusahaan yang baru dijerman,yang diperoleh dari pemilik lama melalui bursa saham.Cio yang lama mengundurkan diri dan anda menggantikan kedudukannya,
Robert Jones dipertahankan sebagaidirektur utama Pet Store AG ,dan anda bertemu sebentar dengannya saat kedatangan Anda di Franfurt.Anda tidak pernah bekerja di Ewropa tetapi telah menyinggung hal ini dalam percakapan Anda dengan Robert dan mengungkapkan keinginan untuk menetapkan tingkat etika yang tinggi dalam operasi IS .Anda secara singkat menjelaskan rencana tindakan 10 langkah yang telah Anda baca di artikel majalah karangan Donn Parker.Anda terkejut saat mengetahui bahwa Pet Store AG sama sekali tidak memiliki budaya etika tidak menghalangi Anda mencapai Program Anda sendiri untuk memastikan operasi komputer yang etis .”Teruskan dan kerjakan apa yang perlu Anda lakukan”katanya”
Anda kembali keruang kerja Anda dan mengambil artikel Parker dari salah satu kardus Anda.Dengan membaca sekilas ,Anda melihat bahwa sebagian langkah –langkah itu tidak akan sukar untuk dilaksanakan diperusahaan yang tidak memiliki budaya etika.Namun,sebagianmembuat Anda berpikir dua kali mengenai keputusan anda untuk melaksanakannya sendiri.Anda memutuskan untuk menulis memo kepada Robert ,mendaftarkan langkah-langkah tersebut dan memberikan tingkat kesulitan untuk tiap langkah.Strategi Anda adalah menggunakan daftar ini sebagai cara untuk menyakinkan Robert bahwa ia perlu memulai budaya etika.
Tugas
Tulislah memo itu akan berisi tiga komponen utama:
1.Mulai memo Anda dengan alinea yang mengiktisarkan dampak dari kurangnya budaya etika perusahaan pada usaha anda untuk mencapai etika dalam IS.Tujuan dari alinea ini adalah mendapatkan perhatian Robert mengenai masalah etika
2.Daftarkan langkah-langkah dari rencana tindakan etika IS Anda.Untuk masing-masing tambahkan catatan,”Tingkat kesulitan” diikuti oleh nilai yang berkisar antara 0 (untuk tidak sukar) sampai 10 (untuk sangat sukar)Tingkat kesulitan itu mengangap bahwa tiak ada budaya etika .Tujuan dari bagian ini adalah menekankan bahwa budaya etika itu perlu.
3.Lanjutkan rencana tindakan Anda dengan daftar langkah-langkah lain yang Anda sarankan agar dilaksanakan dengan oleh Robert dalam menetapkan budaya etika.Untuk tiap langkah ,jelaskan secara ringkas bagaimana hal itu dicapai .Nyatakan secara jelas dukungan yang Anda berikan.

JAWAB ;

Etika : Satu set kepercayaan, standart atau pemikiran yang mengisi suatu individu, kelompok dan masyarakat.
Etika komputer adalah sebagai analisis mengenai sifat dan dampak sosial tekhnologi komputer, serta formulasi dan justifikasi kebijakan untuk menggunakan tekhnologi tsb secara etis. Manajer yang paling bertanggungjawab terhadap etika komputer adalah CIO (Chief Information Officer). Etika komputer terdiri dari dua aktivitas utama yaitu :

1. CIO harus waspada dan sadar bagaimana komputer mempengaruhi masyarakat.

2. CIO harus berbuat sesuatu dengan menformulasikan kebijakan – kebijakan yang memastikan bahwa teknologi tersebut secara tepat.

Kekuatan yg dimiliki CIO dalam menerapkan etika IT (Information Technology) pada perusahaannya dan jg masyarakat sangat dipengaruhi kesadaran hukum, budaya etika dan kode etik profesional oleh CIO itu sendiri.

Namun ada satu hal yang sangat penting bahwa bukan hanya CIO sendiri yang bertanggungjawab atas etika komputer. Para manajer puncak lain juga bertanggungjawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar